Newest Post

// Posted by :Unknown // On :Wednesday, September 11, 2013


Texture Untuk Baju

Texture untuk Celana


  • Step 1  gunakan gambar sebelumnya, buat layer baru .
  • Step 2 ubah seting layer ke multiply , dengan begitu kita dapat melihat background gambar sebelumnya.
  • Step 3. paste satu atau lebih texture pada celana , kita dapat merubah bentuknya dengan menekan tombol ctrl + t dan merubahnya , memutarnya , membesarkanya dll, gabungan texture semuanya dan, hapus bagian tepi dari texture lalu gunakan oil water tool untuk membuat semua layer texture menjadi satu dengan sempurna.
  • Sedikit tips jika bagian tepi terdapat warna hitam, bisa anda hapus dengan menggunakan oil water tool.. jangan terlalu banyak  nanti terlihat sedikit aneh ^^
coloring pant
cloth with black white texture





  • Dalam mewarnai baju dengan texture hitam ini, hampir mirip dengan proses pewarnaan celana di atas.  tapi dalam proses ini texture opasity nya di turunkan menjadi cukup 83% dan ubah seting layer menjadi multiply agar line art nya tetap bisa terlihat.





erase it



  • Kemeja di atas di hapus perlahan. jika ingin menghapus secara vertikal atau horizontal cukup menekan shift + tekan E ( erase ) yg artinya mode penghapus. dan click ke arah tujuan. maka hasil garis / hapusan akan lurus.  seting juga tingkat kekuatan penhapus dengan menekan tombol 1-9   dimana 1 artinya 10%   mode 10% ini berguna jika kita ragu menghapus tepi dari texture yang akan kita pasang.
finish with no shading

  • Hasil akhir diatas menggunakan teknik shading sebelumnya dan teknik texture ini. proses ini banyak digunakan dalam pembuatan manga atau anime sekarang.
  • Step shading di atas.  :
    1. di setiap lipatan baju kemeja atau celana kita membuat layer baru. dan jika ingin agar bagian tepi lebih rapi kita bisa check list mode layer clip on. 
    2. lalu marker tool di pilih.  pilih warna lebih gelap. jika ingin membuat shading celana. tekan ctrl + click kanan untuk ambil sample color . di sana warnanya orange.  jd pilih warna yang lebih gelap dari orange.  misal. orange merah. lalu marker di setiap lipatan baju.  baju terlihat memiliki bayangan. dan terkesan masuk ke dalam karena efek gelap.'
    3. untuk proses lagi satu kita membuat layer baru lalu buat mode addition untuk memberi kesan ada cahaya di luar dari lipatan baju kemeja atau celana. pilih warna yang relatif lebih terang dan warnai, proses baju kemeja dan celana sama, cuma perbedaan nya. warna dasar dan cahanyanya mengikuti warna dasarnya. !
  •  Untuk lebih lanjutnya mungkin kita lebih memfokuskan pewarnaan dalam software photoshop.  namun saya kurang tertarik dengan photoshop yang memiliki batasan atau meminta kebutuhan perangkat keras yang relatif kencang dan cepat, mungkin untuk lancar pewarnaan kita membutuhkan core i5 minimum . :D  dan cintiq wacom  yang harganya masih sangat mahal :D.  GBU  ^^



// Copyright © How To Draw Manga, //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //